Sedepan Pekalongan di ibukota.

Orang Pekalongan atau yang biasa disebut OPEK memang tak bisa dijauhkan dari menu sedepan. Tak pelak ini menjadi peluang bagi sebagian orang Pekalongan yang bermukim di Jakarta untuk berbisnis rumah makan yang menyediakan menu khas Pekalongan.

Beberapa rumah makan menu khas Pekalongan sudah pernah kusambangi, namun tak semua memiliki citarasa yang otentik. Saya mencatat ada dua rumah makan khas Pekalongan yang layak dijadikan referensi.

Rumah Makan Sewun

image

Setiap kali berkunjung ke rumah makan Sewun, tempat pertama yang saya kunjungi adalah dapurnya. Saya menyampaikan pesanan menu makan langsung kepada si empunya rumah makan. Bu asma namanya, perempuan paruh baya yang berasal dari pemalang namun memiliki keluarga di kampung poncol pekalongan.

Menu favorit yang selalu saya pesan ke bu Asma adalah lontong glabed, semacam opor dengan krupuk mi dan sambal goreng tempe. Lauk tambahannya juga sederhana cuma telur rebus. Nah, istriku selalu memilih nasi megono lengkap terdiri dari megono, lembarang tempe, tahu tauco, daging srundeng, potongan timun dan sambal. Supaya adil di tengah perjalanan kami bertukar piring.

Tak hanya dua menu di atas. Masih ada tauto, nasi kebuli acar nanas, dan sebagainya. Untuk camilan ada bubur lolos, bongko mentoek, bongko gedang, roti amir (kamir), lapis, dan roti maryam. Maka sudah jaminan perut Anda tak kan sanggup menampung semua menu tersebut.

RM Sewun
Jl raya condet
(samping masjid sholihin)
08179581246

Rumah Makan Bumbu Pekalongan

image

Dari timur Jakarta kita harus menempuh perjalanan 1 jam ke Summarecon Serpong untuk bisa menikmati sajian nikmat khas Bumbu Pekalongan. Tapi Anda tak bakal menyesal karena hampir semua menunya sangat menggugah selera.

Saya pernah mencoba gado gado siram yang mengingatkan saya pada gado gado pak amsor pesindon atau pak nurdin jl sultan agung. Adapula tauto yang bisa pilih daging atau ayam. Yang unik rumah makan ini juga mengimport seriping dan ikan pari asap langsung dari Pekalongan. Sajian lainnya adalah sotong dan ayam goreng.

Untuk nasi megono disajikan dalam bungkusan daun pisang seperti nasi megono yang dijual untuk sarapan di pekalongan. Yang tak pernah saya lewatkan adalah tempe goreng dan tahu sumpel (isi) beserta sadek dan sambel kecapnya. Jika beruntung ada pisang goreng dari pisang kepok manis sebagai penutup.

Rumah Makan Bumbu Pekalongan
Ibu Evi
Ruko Berryl
Jl Kelapa gading selatan
Summarecon serpong
021 546 2325

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s