Kicik Kambing Khas Jogja

IMG-20170527-WA0010

Puasa hari pertama kebetulan jatuh di hari Sabtu dimana aktifitas kerja memang lagi kosong. Namun saya memilih mencari aktifitas di rumah yaitu ngecat (plitur) gebyok.. hahaha… iya di rumah saya pasang gebyok kecil sebagai hiasan antara ruang tamu dan dapur. Ternyata gak terasa setengah hari saya habiskan untuk kegiatan tersebut. Sedangkan sinok sedang sibuk di dapurnya katanya sih mengolah daging kambing.

Sore setelah sholat Ashar saya coba nengok ke dapur, eh ternyata sudah ada seporsi Kicik Kambing khas Jogja. Ya, beberapa waktu lalu saya dan sinok pergi ke Jogja dan mampir ke warung Sate Klathak Pak Bari yang juga menyediakan menu Kicik Kambing. Sajian ini sangat khas Jogja dimana baceman menjadi salah satu cara memasak yang banyak digunakan untuk kuliner khas Jogja. Kicik Kambing juga diolah dengan cara dibacem. Proses bacemnya juga tidak main main, habis waktu tiga jam.. wew. Kecap manis, gula jawa, ketumbar, bawnag merah, bawang putih, jinten, lengkuas, sereh, garam, daun salam, bunga pekak, adalah ramuan bumbu Kicik Kambing.

Sambil menunggu waktu berbuka sinok juga membuat sayur sop dan satu menu ta’jil berupa kolak labu. Buka puasa hari pertama ini bakal meriah. Udah gak sabar nih!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s